Dalam sebuah pepatah mengatakan, bahwa kesehatan adalah pangkal dari awal keberhasilan. Jelas sudah karena ini adalah perkara yang perlu untuk diperhatikan lebih lebih untuk dilestarikan. Mengapa dikatakan demikian? Ya manusia tidak lepas dengan unsure kesehatan, orang bekerja butuh sehat, orang mau liburan butuh sehat, orang mau melakukan ibadah jelas butuh sehat.

Nah, sekarang kira kira hal apa yang seharusnya untuk diperhatikan. Jawablah adalah MAKANAN YANG SEHAT. Makanan sehat adalah makanan yang dimana unsure unsurnya memiliki keseimbangan gizi, mengandung serat dan zat-zat yang diperlukan tubuh untuk proses tumbuh kembang. Menu makanan sehat harusnya kaya akan unsur zat gizi seperti karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan sedikit lemak tak jenuh, atau lebih tepatnya disingkat dengan nama menu 4 sehat 5 sempurna.

Kalau ditanya, kira kira untuk memilih makanan yang sehat apakah perlu harus yang mahal ?

jawabannya adalah tidak harus, justru dalam kenyataannya makanan mahal belum tentu memiliki kandungan 4 sehat 5 sempurna, banyaknya zat-zat kimia, dan hanya memiliki 1 atau 2 kandungan saja, sehingga tubuh masih kekurangan akan beberapa zat yang sangat penting. Ini pada dasarnya banyak sekali kita temukan makanan makanan yang menyehatkan yang ada dilingkungan sekitar kita, seperti daun ketela, daun papaya, daun bayam, kangkung, terong, kentang, wortel dan lain lain sebagainya. Nah, berikut contoh gambar beberapa makanan yang sehat

Dalam kandungan makanan di atas ternyata banyak lho, di antaranya ada;

  • karbohidrat : terdapat pada nasi, gandum, singkong, dan lain-lain
  • protein : banyak terdapat pada tahu, tempe, telur daging, dll
  • mineral : banyak terdapat pada sayur-sayuran
  • vitamin : banyak terdapat pada buah-buahan
  • susu

Akan tetapi menu makanan 4 sehat 5 sempurna tidak akan bisa diserap maksimal oleh tubuh jika kita tidak memiliki pola makan yang sehat pula. setiap tubuh memiliki pola waktu bekerja, sehingga konsumsi terhadap menu sehat harus dibarengi dengan pengetahuan pola sehat. menurut pakar ahli gizi andang gunawan, tubuh memiliki rentan waktu untuk melakukan tugas-tugasnya, dalam artian sebagai berikut :

  • Fase Pembuangan : dalam fase ini dimana tubuh melakukan proses pembuangan atas semua makanan yang telah kita makan sebelumnya, rentan waktu diantara pukul 04.00 – 12.00. sehingga dalam rentan waktu tersebut sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan-makanan berat. menurut andang dipagi hari banyak konsumsi buah-buahan akan sangat efektif, karena pada saat ini tubuh sangat memerlukan sumber energi sekaligus membantu dalam proses pembuangan.
  • Fase Pencernaan : dalam fase inilah menu makanan 4 sehat bisa dinikmati, tapi non buah, karena buah sudah kita konsumsi pada fase sebelumnya atau pada pagi hari. rentan waktu sekitar pukul 12.00 – 20.00.
  • Fase penyerapan : rentan waktu pukul 20.00 – 04.00, sehingga sangat dianjurkan untuk menghentikan aktifitas makan.

Nah, sekarang jelas bukan, bahwa pengetahuan terhadap menu makanan sehat pun tidak cukup jika tidak dibarengi dengan konsep pengetahuan pola hidup sehat, keteraturan dalam mengkonsumsi makanan bisa dikatakan merupakan diet alami, sekaligus akan menjaga tubuh tetap dalam kondisi sehat.

Satu lagi yang tidak kalah pentingnya adalah kewaspadaan terhadap makanan yang kita makan. hal ini dikarenakan semakin banyaknya tindak kecurangan dari pedangang untuk mencapai keuntungan yang maksimal, sehingga makanan yang kita makan, kadang banyak mengandung zat-zat yang berbahaya.

Support : Rumahkreatifaja.com, Produsen kereta mini, Kereta mall, dan Komidi putar terbaik di Indonesia – Laku.com Belanja Online Grosir Eceran Murah dan Aman

Advertisements