Bersama memelihara kesehatan secara alami

Banyak olahraga dan menurunkan porsi makan adalah salah satu cara menurunkan berat badan. Namun Masalahnya, program diet semacam ini sering tidak berjalan dalam prakteknya karena tidak semua orang mampu menahan lapar yang diakibatkan diet itu.

index

Untuk anda yang berniat diet lagi tak perlu khawatir, ternyata seperti dikutip dari Livestrong ada beberapa cara untuk membuat Anda makan dengan porsi lebih sedikit namun tetap kenyang :

1. Makan makanan berserat tinggi

Makanan tinggi serat contohnya biji-bijian seperti gandum, produk gandum, beras merah, buah-buahan seperti jeruk, apel, pir, jambu biji, lemon, jeruk, buah, buah delima; dan sayuran seperti bayam, brokoli, kubis, asparagus, paprika, wortel dan labu. Makanan tinggi serat akan memberikan rasa kenyang lebih cepat, meskipun memasok tubuh dengan kalori 20 persen lebih sedikit dari makanan serat rendah.

2. Makan buah utuh daripada jus

Kadar air dan serat buah yang masih utuh lebih banyak dari jus sehingga membuat Anda merasa lebih kenyang ketimbang memiliki buah yang sudah dijus.

3. Makanlah pelan-pelan

Ketika Anda makan perlahan dapat mengurangi porsi makan karena dengan makan pelan-pelan otak akan mengirimkan sinyal yang membuat Anda merasa lebih kenyang. Mengontrol kapan harus berhenti makan membantu Anda menurunkan berat badan dan mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan.

Apapun makanan anda, makanlah pelan-pelan dan kunyah dengan benar untuk memperpanjang waktu makan seolah-olah anda benar-benar menikmati makannya.Karena otak anda membutuhkan waktu 20 menit menyadari bahwa perut sudah kenyang.

4. Makan sedikit tapi sering

Makan dengan porsi kecil tetapi sering akan membuat tubuh tetap aktif membakar beberapa kalori tambahan. Sudah menjadi kebiasaan jika melewati waktu makan, ada kemungkinan Anda akan makan berlebihan di waktu makan berikutnya. Untuk itu makan dalam jarak waktu singkat seperti setiap 2 hingga 3 jam sekali akan membantu Anda tidak merasa terlalu lapar pada waktu makan.

3. Setidaknya 10 menit sebelum makanan utama sebaiknya mengkonsumsi sepiring salad terlebih dahulu.

Anda akan cepat merasa kenyang setelah makan jika sebelum makan mengkonsumsi salad terlebih dahulu . Kalau bosan mengunyah salad maka sayur yang berkaldu bisa menjadi penggantinya.

5. Makan di piring kecil

Berdasarkan penelitian yang dilakukan America’s Cornell University, makan menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu menurunkan berat badan 2 pound atau 0,9 kg per bulan. Saat menghabiskan makanan yang ada di piring, otak akan mengirimkan sinyal bahwa perut sudah kenyang. Jadi makan di piring yang lebih kecil akan memberi isyarat visual ke otak bahwa Anda sudah kenyang dengan sepiring penuh makanan. So jika kamu ingin menurunkan berat badan, makan buatlah perubahan kecil dengan cara makan Anda.
Salam sehat untuk semua

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: